Berat badan ternak mempengaruhi produksi sperma

Kualitas dan kuantitas spermatozoa dipengaruhi berbagai faktor, di antaranya adalah pakan atau nutrisi yang diberikan kepada pejantan sebelum digunakan dalam perkawinan ataupun ditampung spermanya.

Corpus luteum pada domba merupakan sumber progesteron utama, sehingga kadar hormon progesteron sangat erat kaitannya dengan tingkat ovulasi. Apabila folikel — folikel menjadi matang, ova dilepaskan dan turun ke tuba fallopii. The data was analyzed statistically. Genotipa Ada genotipa tertentu yang mempengaruhi pertumbuhan sehinggah lebih cepat pertumbuhannya dari pada yang lain.

Ovum akan berkembang terus sehingga terjadi pematangan ovum. Oleh karena itu pada masa pullet perlu dilakukan kontrol BB secara ketat, setidaknya 1 minggu sekali dengan jumlah sampel minimal ekor per kandang. Toelihere, T.

Dethan, A. Keistimewaan sapi ini tidak terlalu selektif terhadap pakan yang diberikan, jenis pakan rumput dan pakan tambahan apapun akan dimakannya, termasuk pakan yang jelek sekalipun.

Hastono, U. Matestrus atau postestrus dalah periode segera setelah estrus di mana corpus luteum bertambah cepat dari sel — sel granulose folikel yang telah pecah di bawah pengaruh hormone LH dari adenohypophisa. Pergantian straw biasanya dilakukan setiap 6 bulan dengan adanya berbagai pertimbangan.

Libido, berat badan ternak mempengaruhi produksi sperma kawin dan kualitas sperma kambing dari tiga bangsa.

Sapi potong ini juga lebih kebal terhadap gigitan caplak dan nyamuk serta tahan panas. Ternak kambing dikondisikan selama 7 hari untuk membiasakan kambing makan pada sistem bak, bukan digantungkan.

Hypothalamus menjalankan pengaruhnya melalui sel — sel saraf yang menyebabkan pengeluaran factor — factor pelepas releasing faktor ke dalam saluran darah menuju ke kelenjar adenohypophisa. Energi pakan yang rendah berkontribusi terhadap penurunan berat badan, masalah kaki dan paha yang akan menurunkan libido.

Pengaruh penggunaan ampas kecap dalam pakan terhadap pertambahan bobot badan harian, konversi pakan, rasio efisiensi protein, dan produksi karkas itik lokal jantan umur delapan minggu.

Umur dan Berat Badan Pubertas Terjadinya estrus pertama pada hewan betina muda sangat menyolok karena timbul secara tiba — tiba. Ovarium biasanya terdiri dari 5 sampai 6 ovum yang telah berkembang dan sekitar 3.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ternak

Begitu pula pada unggas, setelah terjadi perkawinan sperma akan mencapai infundibulum dan akan menembus membran vitelina ovum untuk bertemu sel benih betina, sehingga terbentuk calon embrio. Folikel de graaf membesar dan menjadi matang. Diestrus dalah periode terakhir dan terlama siklus berahi pada ternak — ternak mamalia.

Pelepasan FSH ke adalam aliran darah menjelang pubertas menyebabkan pertumbuhan folikel — folikel pada ovarium. Penggunaan pollard dan ampas kecap sebagai penyusun suplemen untuk penggemukan sapi.

Saat BB ayam tidak sesuai standar, maka perlu segera dilakukan treatment penanganan sehingga BB bisa sesuai dengan standar kembali. Selain itu pengecekan terhadap gangguan reproduksi juga dilakukan, jika sapi tersebut mengalami infeksi pada bagian cervic, atau organ lainnya maka perkawinan akan ditunda.

Sikka and A. Semakin tinggi ovulasi, maka kadar hormon progesteron akan meningkat, terutama berkaitan dengan pemeliharaan kebuntingan. Hal ini terkait dengan energi pakan yang cukup yang berdampak pada kesehatan tubuh dan intensitas libido yang tinggi, sehingga spermatozoa yang dihasilkan juga memiliki viabilitas yang tinggi.

Lama siklusnya pda domba — domba lokal bervariasi antara 11 sampai dengan 19 hari, rata — rata Spesies Usia Sapi, bangsa eropah 6 — 18 bln Sapi, Brahman dan zebu 12 — 30 bln kerbau thn Domba 6 — 12 bulan babi bulan Sesudah perkawinan ternak dara tingkatan makanan selama kebuntingan pertama haruslah cukup untuk kelangsungan pertumbuhan dan perkembangannya agar supaya menjelang waktu partus tidak terjadi komplikasi seperti distoksia.

Sistem Perkawinan Sistem perkawinan merupakan gambaran dari beberapa metode perkawinan untuk program pengembakbiakan sapi. Tvrda, E. Hal ini mungkin berarti bahwa ransangan — ransangan neural menyebabkan hypothalamus menghasilkan atau melepaskan factor — factor pelepa yang sebaliknya menyebabkan pelepasan gonadotropin ke dalam lairan darah.

Gejala — gejala estrus akan timbul kembali apabila malam hari bertambah panjang dan siang hari bertambah pendek.

Interval antara timbulnya suatu periode berahi ke permulaan periode berahi berikutnya dikenal dengan siklus berahi. Periode yang ditandai dengan keinginan kelamin dan penerimaan pejantan oleh hewan betina. Perlahan lahan oviduk akan mengalami perkembangan dan sempurna pada saat ayam mulai bertelur, dengan dihasilkannya FSH tersebut Akoso, Ratnawati, D.Pencapaian berat badan (BB) pada ayam pullet (ayam yang siap produksi) menunjukkan bahwa ayam telah siap berproduksi baik secara fisik maupun kesiapan organ reproduksinya.

Berat badan ayam pullet yang tidak sesuai standar dan kurang serangan akan mempengaruhi hasil produksi telur, baik secara kualitas maupun kuantitas. Pakan diperlukan sebagai sumber protein dan energi bagi ternak jantan guna mempertahankan stamina, meningkatkan libido dan produksi sperma.

Stamina yang baik dan libido yang tinggi akan menjamin. Umur dan Berat Badan Pubertas Terjadinya estrus pertama pada hewan betina muda sangat menyolok karena timbul secara tiba – tiba.

Tampak seolah – olah thermostat fisiologik telah disentakkan untuk menimbulkan aktivitas fauguet-cousinard.com: TVI Express. Pertumbuhan yang lambat ini sejajar dengan pertumbuhan berat badan sewaktu hewan berangsur dewasa. B. Hormone dan Pubertas Pertumbuhan dan perkembangan organ – organ kelamin betina sewaktu pubertas dipengaruhi oleh hormone – hormone gonadotropin dan hormone – hormone fauguet-cousinard.com: CAMPUS FAPET UNJA.

HUBUNGAN PENCAPAIAN BERAT BADAN PADA MASA PULLET DENGAN PERIODE PRODUKSI TELUR

Berat badan yang kurang, terutama dengan kadar lemak tubuh yang rendah (kurang dari 10%), dapat mempengaruhi fungsi penting ovarium untuk bisa hamil. Penanganannya adalah dengan menghentikan penurunan berat badan, atau mengkonsumsi obat-obatan untuk memperbaiki keseimbangan hormon. · Setelah membaca uraian ini, para pembaca akan mengetahui dan memilih ternak bakalan yang baik serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ternak yang baik mulai dari bobot lahir, umur induk, produksi air susu induk,dll.

Berat badan ternak mempengaruhi produksi sperma
Rated 5/5 based on 23 review